Rabu, 10 September 2014

Manfat dan resep puding agar agar

Puding Agar - Agar

 Puding jenis ini adalah puding yang paling familiar buat kita Orang Indonesia,hampir semua mahluk yang tinggal di bumi pertiwi ini kenal dengan jenis puding ini. Mulai dari yang dijajakan di kantin/tukang dagang di sekolah SD sampe yang kelasnya hotel/rumah makan. Rasa nya pun bervariasi,ada yang punya rasa strawberry,mangga,coklat ,vanila dan banyak lagi yang lainnya. 
Ditambah lagi di jaman sekarang udah banyak agar agar instan dengan berbagai merk yang makin memudahkan kita kalo mau buat sendiri. Well,aneh rasanya kalo di antara kalian masih ada yang belom kenal sama jenis makanan yang 1 ini.
Biasanya puding jenis ini sering dijadikan hidangan penutup setelah makan,tapi gak sedikit juga sih yang ngejadiin panganan ini sebagai camilan. Selain harga yang terjangkau,mudah dibuat,dan mudah ditemukan,makanan jenis ini pun jelas menyehatkan dengan terkandungnya berbagai jenis vitamin dan beragam khasiatnya.
berikut adalah beberapa manfaat/kebaikan agar agar :
 yang pertama adalah Sebagai Antioksidan,hal ini disebabkan karna klorofil yang terdapat pada rumput laut itu berfungsi sebagai antioksidan . Zat tersebut berguna bagi tubuh kita untuk membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang berbahaya .
Puding pun berguna sebagai pencegah kardiovaskular ,beberapa ilmuwan jepang menyatakan bahwa ekstrak rumput laut berguna untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Sementara bagi penderita Stroke,rajin mengkonsumsi rumput laut dapat membantu menyerap kelebihan zat garam.
Agar agar juga dapat dijadikan panganan saat diet,hal ini disebabkan karena agar agar memiliki kandungan serat/fiber yang tinggi,sehingga dapat mengenyangkan. Rumput laut sangat baik di konsumsi oleh para penderita obesitas,kandungan karbohidrat nya yang sulit dicerna menimbulkan efek rasa kenyang lebih lama tanpa perlu takut akan kegemukan.
Selanjutnya, agar agar juga berfungsi sebagai anti kanker,merujuk pada sebuah hasil penelitian di harvard school of public health di Negeri Paman Sam sana,menyatakan bahwa premenopause di Jepang memiliki resiko 3x lebih kecil jika dibandingkan dengan wanita di Amerika. Hal tersebut dikarenakn para wanita di Negeri Sakura lebih sering mengkonsumsi rumput laut dibandingkan dengan wanita di Amerika.
Selain itu kandungan rumput laut yang terdapat dalam agar agar pun berfungsi untuk menyehatkan kulit,kandungan asam amino alami nya dapat membantu pembentukan sel sel baru didalam tubuh,sehingga dapat membantu mencegah tanda tanda normal dari penuaan. Agar agar juga kaya akan kandungan asam aspartat,yang berguna dalam proses regenerasi sel.Agar agar juga dikenal baik dalam hal memproduksi kolagen.

Sekarang tiba saat nya kita praktek
Disini saya akan mencoba menuliskan kembali sebuah resep dari blog tetangga,kenapa saya memilih resep ini? saya tertarik dengan warna nya yang sama dengan warna Negara tercinta kita,Indonesia Raya (merah Putih) hanya saja disini saya menyebut merk dari produk agar agar yg saya gunakan
berikut adalah bahan & metode memasak nya supaya agar agar menjadi kenyal

Bahan Puding Merah:


Bahan Puding Putih :

  • 1 bungkus agar-agar swallow globe warna putih
  • 400 ml susu
  • 75 gram gula pasir
  • 1/2 tetes esens almond
  • 1/4 sendok teh vanilli
  • 75 gram sari kelapa (nata de coco) yang dipotong dadu kecil-kecil

CARA MEMBUAT PUDING AGAR AGAR KENYAL:

  1. Puding Merah : campurkan agar-agar merah, sirup stroberi / cocopandan, gula pasir dan air lalu masak sampai mendidih dan kemudian tuangkan kedalam cetakan agar-agar.
  2. Puding Putih : campur agar-agar putih, susu, gula pasir, esens almond, dan vanilli kemudian masak sampai mendidih setelah itu masukan sari kelapa (nata de coco) dan selanjutnya angkat, tuang ke atas puding merah selanjutnya simpan didalam lemari pendingin.
 
Ini Gambarnya
ini sumber nya : darisini










Sekian tulisan dari saya,mohon dikoreksi dan dimaafkan bila ada kesalahan
Semoga bermanfaat
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar